Kamis, 31 Mei 2012

resep crepes yummy..

td siang pas gw lg nonton berita di tv ada liputan kuliner ttg makanan2 unik.. salah satu makanannya itu crepes.. biasanya kan yg kita tau crepes itu kaya semacem kulit dadar renyah kriuk2 gitu.. trs dlmnya itu ada isinya kaya cokat, keju, pisang, sosis, dsb.. tp kl crepes yg td gw tonton bener2 jauuuhhh berbeda dr yg biasanya gw beli di toko2 crepes ky yg di mol2 gt.. jd makanan yg td gw tonton bahan utamanya crepes.. cuma crepesnya ini ditumpuk2 smpe berlapis2 trs smpe jd tinggi sekitar 8cm.. tiap lapisannya itu diisi sm krim beraneka rasa.. ada rasa cheese.. ada coklat.. ada rasa stroberi.. dan rasa yg lainnya.. lucu bgt deehhh.. naaahhh, kl kuenya dipotong.. bentuknya itu jd kaya tiramisu.. iiihhh yummy bgt ga sih..
gw jd tertarik nih buat bikin kuenya.. lagian kayanya bikinnya jg gampang ko... cuma bikin crepesnya aja sama bikin krimnya.. kl mau lebih cantik bisa ditambahin topping ky selai stroberi..
tapi kl mau bikin kue itu kan gw mesti tau dlu dong resep crepesnya.. kan bahan utama kuenya itu crepes..
akhirnya td gw mulai searching2 resep crepes di google.. dan ternyata emang gampang bgt lhooo.. bahan2nya jg gampang.. ga jauh beda sm bahan buat bikin dadar gulung.. cuma setau gw bedanya kl crepes itu ditambahin sm tepung beras.. 
biar tambah jelas.. nih gw tulis resepnya yaaa...

RESEP I 
*Bahan:
175 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung beras
35 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/8 sdt baking powder
300 ml air
1 putih telur
50 gr meses
50 gr keju cheddar, parut

*Cara Membuat:
1. Aduk tepung, gula, garam, gula dan baking powder. Tuang air sambil diaduk rata. Masukkan putih telur, aduk rata.
2. Tuang adonan ke pan dadar atau loyang martabak manis yang sudah dipanaskan. Ratakan adonan, diamkan sampai kering.
3. Tambahkan meses dan keju.
4. Lepaskan crepes dari loyang lalu lipat. Sajikan hangat.

Tips:
1. Gunakan api sedang, agar kering merata.
2. Panaskan dahulu pan dadar atau loyang martabak manis sebelum digunakan.
3. Oles wajan atau loyang martabak manis dengan sedikit margarin, agar tidak menempel.


RESEP II
*Bahan:

  1. 75 gr tepung terigu
  2. 25 gr tepung tapioka ( kanji )
  3. 100 gr tepung beras
  4. 250 ml susu cair ( pake susu Ultra ajah yg kemasan biru,..mae )
  5. 1 butir telur, kocok lepas
  6. 1 sdm margarin, lelehkan
  7. 1 sdt penuh baking powder double acting ( merk Hercules misalnya,..mae )
  8. 1 sdt vanilli bubuk
*Cara membuat:
  1. Campur semua bahan yang kering dulu, sampai kecampur rata gitu menurut sumber yang gue baca.
  2. Campur semua bahan yang cair juga, sampai kecampur rata. Jadi yang kering sama yang cair di pisah dulu ya.
  3. Kalau udah, baru deh bahan kering sama cair dicampur sampai rata.
  4. Trus, apaya namanya? Pokoknya adonannya di bikin kayak telur dadar itu lhoh. Apa sih bahasanya, gue bingung, maaf ya para pembaca >< di dadar gitu kali ya? Nah iya di dadar pake teflon gitu juga bisa, asal jangan pake telfon! :D
  5. Oh iya, isinya terserah mau dikasih apa. Yang penting enak enak enak. :D
  6. Trus sajikan deh. :)


RESEP III


*Bahan :
100 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
3 btr telur
300 ml susu cair
75 gr mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

*Cara membuat:

  1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama gula. Buat lubang di tengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  5. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.
itu beberapa resep yg gw dpt di google.. 
gw ambil 3 resep ajah.. dan kl diliat2 dr 3 resep yg gw tulis, tiap resep itu tepungnya berbeda..
RESEP I pakenya tepung terigu + tepung beras.. 
RESEP II tepung yg dipake ada 3 jenis.. tepung terigu + tepung tapioka + tepung beras.. 
RESEP III tepung yg dipake cuma tepung terigu aja..
tp setau gw emng kl crepes itu biar jd renyah harus dikasih tepung beras.. kl tepung terigu aja nanti kulit crepesnya lembek ky kulit dadar gulung biasa.. cuma kl yg RESEP II gw ga ngerti jg knp mesti ditambah tapioka.. mgkn biar kulit crepesnya jd tambah kriuk2 kali yaaa...
ya pkknya biar ga penasaran.. gimana kl kita coba resepnya aja satu2.. krn kan tiap resep pasti hasilnya berbeda.. 

selamat mencoba yaaaaa... :D

1 komentar:

  1. Mampir ke Blog q juga y..., q punya resep crepe nih. Suka silakan coba.
    http://resepcrepes.blogspot.com

    BalasHapus